Agustus,Penjualan Ritel Toyota 36.041 Unit
Hingga akhir Agustus PT Toyota
Astra Motor (TAM) membukukan total penjualan ritel sebanyak 36.041 unit
dengan pangsa pasar 37,8 persen. Capaian tersebut tumbuh 67,1 persen
dibandingkan dengan kinerja pada bulan sebelumnya. Pencapaian Toyota pada bulan lalu
sejalan dengan pertumbuhan pasar ritel nasional yang juga mengalami kenaikan.
Namun, pertumbuhan yang dicatatkan Toyota jauh lebih baik dibandingkan dengan
pertumbuhan automotif nasional.
Pertumbuhan tersebut terdorong
oleh adanya produk-produk baru di segmen entry MPV, yaitu Calya dan Sigra,
sehingga segmen ini naik hampir delapan kali lipat menjadi 13.208 unit. ”Kami bersyukur karena mampu
mencatatkan pertumbuhan sangat signifikan pada Agustus, serta mampu
mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar 37,8 persen,”
ucap Vice President Director TAM Henry Tanoto dalam siaran pers yang diterima
KORAN SINDO kemarin.
Tren penjualan yang positif ini,
lanjutnya, diharapkan dapat terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya,
sehingga Toyota dapat turut berperan dalam merangsang pertumbuhan pasar
kendaraan bermotor nasional. Sepanjang Agustus hampir semua segmen kendaraan
Toyota, baik kendaraan penumpang (passenger car ) maupun kendaraan niaga
(commercial vehicle ) menorehkan pertumbuhan yang cukup signifikan.
Pencapaian positif di segmen
passenger car Toyota didorong oleh baiknya kinerja penjualan ritel di segmen
MPV, SUV, dan compact car , yang berturut- turut tumbuh 108,7 persen, 21,4 persen,
dan 3,9 persen. Di segmen MPV Toyota mencetak rekor penjualan ritel tertinggi
sepanjang tahun.
Pada bulan lalu tercatat sebanyak
25.368 unit, jauh lebih tinggi dari rata-rata bulanan sebanyak 18.000 unit.
Pencapaian itu menjadikan pangsa pasar Toyota di segmen MPV melejit menjadi
58,5 persen. Salah satu segmen yang memberikan kontribusi besar terhadap
kinerja Toyota di segmen MPV pada Agustus 2016 adalah entry MPV Calya, yaitu
dengan penjualan ritel sebanyak 8.266 unit.
Komposisi terbesar penjualan
ritel Calya pada bulan lalu masih berasal DKI Jakarta yaitu 27,2 persen, dan
diikuti Jawa Barat sebesar 17,9 persen, serta Jawa Timur sebesar 7,1 persen,
sedangkan sisanya tersebar di hampir semua wilayah di Tanah Air.
”Pasar Calya di daerah cukup
besar. Ini membuktikan bahwa kehadiran entry MPV juga sangat diminati oleh
masyarakat daerah- daerah,” ujarnya. Semua model di segmen MPV Toyota
mencatat kinerja positif. Penjualan Avanza di segmen low MPV, misalnya, naik
28,9 persen menjadi 9.762 unit, dengan pangsa pasar 39,6 persen .
Ritel penjualan mobil Toyota
Kijang Innova meningkat 31,1% dengan volume sebanyak 4.599 unit dan pangsa
pasar semakin dominan sebesar 96,9%. Dari segmen premium MPV, penjualan Toyota
Alphard pada bulan lalu tumbuh 67,8% dengan volume sebanyak 349 unit.
SUV membukukan pertumbuhan
tertinggi di antara segmen passenger car Toyota. Sepanjang bulan lalu, berkat
Rush dan Fortuner, Toyota membukukan total penjualan ritel 4.306 unit. Pada segmen compact car, TAM
membukukan total penjualan 4.804 unit di bulan lalu atau naiksekitar 3,9%
dibandingkan dengan pencapaian di bulan sebelumnya sebanyak 4.622 unit.
Agustus,Penjualan Ritel Toyota 36.041 Unit
Reviewed by doni
on
19.57
Rating:
Tidak ada komentar